Langkah Langkah Membuat Blog Beserta Gambarnya

Anda harus mengetahui langkah langkah membuat blog beserta gambarnya jika ingin mempunyai sebuah blog. Memiliki sebuah blog adalah hal yang menyenangkan, karena Anda dapat berbagi apapun yang Anda senangi, dan jika Anda serius dalam merawat sebuah blog, Maka Anda juga akan mendapatkan penghasilan yang layak dari blog kita.

Banyak juga para pemula yang ingin sekali memulai aktifitas blogging tetapi tak ingin menghabiskan modal alias ingin gratisan dahulu dalam membuat blog, dan itu tentu baik-baik saja, bahkan banyak juga ditemukan blog yang sudah terkenal yang masih menggunakan platform gratian ini. Ada banyak platform blogging yang menawarkan untuk membuat blog secara gratisan. Nah, kalau Anda mau membuat blog yang gratisan dulu, maka disarankan untuk memulai membuat blog di Blogger.com atau WordPress.com.

Bagi seorang blogger mempunyai sebuah blog adalah hal yang sangat menyenangkan dan bermanfaat karena dengan memiliki sebuah blog, seorang blogger dapat menyampaikan kreatifitas yang dimilikinya ke dalam sebuah blog khususnya bagi seorang yang memiliki bakat dan minat menulis dan ini merupakan sarana yang pas baginya.

Blogspot ini mengijinkan para Blogger untuk menciptakan sebuah blog secara gratisan dan tentunya karena free maka pasti memiliki keterbatasan, tapi seperti yang sudah Saya sebutkan tadi di atas, bahwa bagi pemula, hal itu merupakan ide yang cukup tepat sebagai langkah dasar dalam membuat blog.

Dalam posting ini kita akan membahas tentang bagaimana langkah-langkah membuat blog di Blogspot lengkap beserta gambarnya. Namun  ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Blogspot merupaka platform untuk blogging dari Google yang ngasih service untuk bikin sebuah blog. Semua gambar yang dipublish dalam blog Anda akan disimpan oleh Picasa yang juga merupakan bagian perusahaan dari Google.

Untuk memulai membuat blog di Blogspot secara gratis, silahkan menuju blogger.com dan login menggunakan akun email Gmail Anda. Jika belum memiliki akun Gmail, silahkan membuat email dulu. Setelah Anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi www.blogger.com tadi.




Setelah melakukan login, maka Anda akan menghadapi pilihan dalam menggunakan identitas, Apakah Anda mau mau memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Namun lebih baik Anda memilih profil Google plus saja dengan cara langsung menekan tombol ”Lanjutkan ke Blogger“.

Sesudah itu Anda akan melihat sebuah halaman untuk membuat blog baru di blogspot seperti gambar berikut.


Di laman ini Anda akan melihat beberapa daftar nama blog yang telah Anda buat, namun dikarenakan Anda baru akan memulai dalam membuat sebuah blog, maka Anda belum melihat daftar blog yang dimaksud. Untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol ”Blog Baru“.

Setelah Anda mengklik tombol ”Blog Baru”, Anda akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai membuat blog baru dengan cara menambahkan nama dan memilih nama domain. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :

Langkah Langkah Membuat Blog Beserta Gambarnya

Judul adalah tempat untuk memberi judul atau nama blog
Alamat adalah tempat untuk memberi alamat blog. Pastikan alamat blog yang diketik tersedia, jika tidak ada, tambahkan kata atau angka sampai keterangannya tersedia.
Tema adalah tempat untuk memilih template blog dan Anda bisa merubahnya nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar di situ.
Buat blog adalah tombol yang berfungsi untuk mengakhiri langkah. Tekanlah tombol ini kalau saja Anda sudah merasa yakin dengan nama dan alamat yang dipilih.

Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum rampung 100%.  Ada beberapa pengaturan atau settingan yang mesti Anda lakukan pada blog yang baru Anda buat, dengan tujuan agar membuat blog di Blogspot kita semakin SEO, seperti merubah template dan menambah halaman. Ini adalah tampilan dashboard Blogspot.




Pos, fugsinya untuk membuat artikel baru atau melihat daftar artikel yang sedang dibuat atau sudah dipublikasikan.
Statistik, untuk mengetahui statistik pengunjung, jumlahnya, dari mana asalnya, pakai gadget apa dan lain sebagainya.
Komentar, untuk melihat komentar yang masuk, mau dipublish atau ditolak atau dihapus.
Kampanye, untuk memasang iklan agar blog yang kita buat dikenal.
Laman, untuk membuat halaman statis seperti untuk membuat laman About, Kontak, Disclaimer dan lainnya.
Tata Letak, untuk mengatur posisi widget atau menambah widget tertentu.
Tema, merupakan fitur untuk mengganti template atau mengedit template.
Setelan adalah pengaturan lain yang dibutuhkan sebuah blog, misalnya pengaturan penulis, pembaca, pengaturan seo, bahasa dan lain sebagainya.

Setelah mengikuti langkah-langkah membuat blog seperti diatas, selanjutnya kita membuat postingan pertama sesuai keinginan blogger. Untuk lebih jelas bagaimana langkah membuat postingan, lihat contoh gambar dibawah ini. Klik "Entri baru" seperti gambar di bawah dan mulailah membuat artikel yang diinginkan untuk dipublikasikan.



Sekian tutorial langkah langkah membuat blog di blogspot beserta gambarnya.  Segera praktekkan karena membuat blog di blogspot itu mudah dan tutorial di atas sudah dibuat dengan sederhana namun padat.  Semoga artikel dan tutorial ini berguna bagi yang ingin mengenal dan membuat blog dari dasar.
Tag : langkah membuat blog
Back To Top