Cara Membuat Blog yang Menarik Untuk Pemula

Informasi tentang cara membuat blog yang menarik untuk pemula ini mungkin sudah tidak berlaku bagi para webmaster. Sebab bagi mereka hal ini bukanlah hal yang sulit dilakukan karena mereka telah paham dengan baik tekniknya. Namun bagi para pemula hal ini tentu butuh pencerahan.

Dan berhubung Saya sudah menyelesaikan ulasan lengkap soal langkah-langkah membuat blog beserta gambarnya pada posting sebelumnya, jadi silahkan merujuk ke sana buat yang belum paham. Tapi bila sudah maka fokuslah membaca segala saran dan rahasia yang akan dipaparkan berikut ini.

Menarik dan keren bisa punya banyak makna, tapi apa yang penulis tangkap dari hasil riset ringan di mesin pencari Google, ternyata yang diinginkan dari banyak pemula adalah tampilannya yang bagus dengan jalan mempercantik templatenya agar enak dipandang, mulai dari warna, tata letak, widget dan segala pengaturan di dalamnya.

Dan berhubung semua hal menyangkut cara otak-atik blog sudah saya lakukan semua sebelumnya, jadi tidak ada yang sulit untuk menerangkan ini, apalagi kalau niatnya untuk berbagi kepada sahabat semua.

Ada beberapa point yang harus diolah supaya bisa menghasilkan sebuah blog yang tampilannya bisa kelihatan lebih menarik dan cantik seperti milik kebanyakan blogger umumnya. Dan ini dia beberapa point penting yang harus Anda perhatikan dalam mempercantik blog:


Template

Adalah poin terpenting kalau Anda ingin mempercantik tampilan sebuah blog agar terlihat menarik dan keren, karena dari bagian inilah kita melakukan pengeditan tata letak widgetnya, mengatur jarak letaknya, hingga mengganti warna latar, gambar dan lain sebagainya.

Supaya Anda dapat memiliki tampilan blog yang cukup keren dan menarik seperti blognya yng dimiliki para blogger professional, maka syaratnya kita harus merombak semua. Tapi bukan berarti kita harus rubah satu per satu kode scriptnya, karena kalau bukan Programmer sudah pasti tidak akan bisa melakukannya. Maka salah satu solusinya adalah dengan cara mengganti template bawaan Blogger dengan template yang baru yag lebih SEO friendly.

Untuk Blogspot, Anda bisa mengunjungi situs http://btemplates.com/. Coba lihat-lihat dan pilih template yang bagus tampilannya. Karena saat ini penggunaan smartphone untuk mengakses internet sedang mendominasi, maka Anda dianjurkan untuk memilih jenis template yang ukurannya bisa menyesuaikan semua gadget dan perangkat yang dipakai pengunjung baik dari laptop, tablet, hp, maupun smartphone. Dan dalam hal ini template yang dimaksud adalah Template Responsive.

Kemudian, kalau Anda sudah mengganti template dengan tampilan yang Anda pilih, maka tugas selanjutnya adalah menata blog agar semakin baik di mata search engine, khususnya Mbah Google. Mengapa demikian ? Karena kalau sebuah blog dianggap baik menurut mesin pencari, maka ia akan diberi posisi yang bagus pula, walau tidak jadi ranking 1, tapi bisa masuk halaman pertama.

Untuk pemakai WordPress, ada banyak tempat mengambil Theme untuk wordpress yang gratis alias tanpa bayar sama sekali, hanya saja ada beberapa kekurangan jika kita hanya menggunakan yang free saja, terutama kita tidak punya tempat bertanya yang tepat kalau misalnya terjadi error atau ada pengaturan yang kita tidak tahu caranya. Hal ini karena pada Theme berbayar selalu disediakan file Documentation yang mana dari situ kita bisa belajar semua cara pengaturannya. Selain itu, Anda akan memiliki peluang bertanya secara langsung, baik lewat email atau chatting kepada pembuat theme tersebut.


Menggunakan Widget

Untuk mempercantik tampilan blog, mungkin Anda akan memasang widget seperti jam, gambar dan sebagainya. Namun untuk tujuan SEO, sebaiknya jangan memasang widget-widget yang tak penting, tapi pasanglah widget yang sekiranya sangat baik untuk search engine saja, seperti widget Artikel Terpopuler, Artikel Terbaru, Profil Google Plus dan Likenya, Fanpage Facebook atau Twitter.

Selain point-point yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda tidak menggunakanya karena hanya akan memperlambat loading blog saja. Untuk mendapatkan semua widget tersebut, sebetulnya sudah tersedia di dalam pengaturan blogspot Anda. Anda hanya tinggal memilih menu “Tata Letak” kemudian mengklik tulisan “Tambahkan Widget”, selanjutnya tinggal memilih jenis widget blog apa yang akan Anda gunakan.

Untuk pengguna WordPress, Saya sarankan menggunakan yang lazim dan paling penting saja digunakan, seperti Tombol Share di setiap artikel dan untuk ini disarankan pakai yang simple saja seperti AddToAny dan AddThis. Selain itu, jika ingin membuat blog lebih menarik lagi maka disarankan gunakan Plugin.


Domain

Untuk masalah ini mungkin ada sebagian pendapat yang menganggap bahwa hal ini nggak perlu di perhatikan, padahal blog Anda akan terlihat professional kalau domain (alamat linknya) juga bagus. Nah pada tahap awal ini disarankan merubah domain blogspot anda, misal : caramembuatblog.blogspot.com menjadi caramembuatblog.com. Mengapa demikian? Karena dengan melihat alamat blognya saja orang sudah bisa tahu bahwa ia dibuat dengan serius sehingga isi artikelnya juga berbobot dan bisa dijadikan referensi. Hal ini biasanya telah bisa diputuskan oleh seorang pengunjung ketika pertama kali melihat sebuah blog di search engine, apakah akan diklik untuk dikunjungi atau tidak. Nah disinilah keuntungan yang sudah mempunyai blog .com. Namun sebenarnya bukan berhenti sampai disitu sebab kelebihan dari sebuah blog dengan domain berbayar, sesungguhnya masih banyak lagi.

Usahakan juga selalu memilih nama domain yang SEO friendly artinya domain yang mengandung kata kunci. Sebagai contoh, jika Anda akan membuat sebuah blog soal langkah dalam membuat blog, maka usahakanla ketika membeli domain, memilih kata kunci yang ada kata blognya meskipun tidak semua keyword yang Anda targetkan disertakan, contoh blogbaru.com dan selainnya.

Tapi jika Anda mau nama domain yang lebih sempurna lagi, maka Anda harus mencari nama yang mempunyai minimal dua kata dan kata-kata tersebut sudah familiar di mata pembaca, misalnya ada orang yang bikin website lalu dia memilih alamat blog-indo.com. Nama ini tentu lebih baik karena selain ramah SEO juga sangat keren karena ada kata indo-nya dibelakangnya yang merupakan potongan kata dari Indonesia dan sudah familiar.


Menulis artikel yang ramah SEO

Meskipun seluruh teknik di atas telah dipraktekkan namun jika artikel pada blog Anda tidak dibuat dengan kaidah SEO, maka itu percuma saja. Tujuan SEO sendiri adalah untuk membuat blog supaya lebih mudah terindeks oleh mesin pencari.

Nah, sesudah Anda faham dengan baik dan mempraktekkan kaidah SEO ini, maka sudah bisa dipastikan bahwa jumlah trafik pengunjung web juga pasti akan terus merangkak naik dari hari ke hari.

Semoga artikel bagaimana cara membuat blog menarik untuk pemula ini, bisa jadi rujukan terpercaya Anda.

Sumber :
http://www.caraspot.com/membuat-blog-menarik-dan-keren-mempercantik-tampilan-website.html
Back To Top